8 Rekomendasi Kasur Angin Terbaik 2021

Kasur angin merupakan salah satu solusi bagi Anda yang menginginkan perabot yang portabel dan tidak makan tempat. Bobotnya yang sangat ringan, mudah dilipat, ringkas dibawa, merupakan pilihan yang terbaik untuk dibawa jika Anda akan travelling selama beberapa hari. Selain itu, kasur angin juga bermanfaat bila Anda sering kedatangan tamu yang menginap namun tidak memiliki banyak kasur di rumah Anda.

Dibandingkan matras, kasur angin jauh lebih awet, bebas bau apek, dan mudah dibersihkan. Saat ini sudah banyak kasur angin berkualitas yang bisa Anda pilih. Agar Anda tidak salah pilih, berikut merupakan beberapa tips membeli kasur angin terbaik beserta beberapa rekomendasinya untuk Anda.

Kasur Angin Terbaik

Keunggulan Kasur Angin

Sesuai dengan namanya, kasur angin adalah kasur yang terisi oleh angin. Penggunaan angin untuk mengisi kasur angin merupakan inovasi yang disenangi banyak orang karena memberikan beberapa manfaat yang bisa diperoleh antara lain:

Tidak Memakan Tempat

Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis, memiliki kasur angin merupakan solusi bagi Anda yang membutuhkan kasur-kasur tambahan di waktu tertentu. Kasur angin bebas dipompa kapanpun akan digunakan, kemudian dikempeskan kembali saat akan disimpan. Tempat penyimpanannya pun ringkas, Anda bisa menyelipkan kasur angin di sudut rumah, kolong tempat tidur, atau di dalam lemari.

Kasur Angin Terbaik di Indonesia

Fleksibel untuk Dibawa

Kasur angin memiliki bobot sangat ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Anda dapat membawanya ke depan TV untuk sambil menghabiskan waktu bersantai dengan keluarga atau membawanya untuk camping. Bagi Anda yang saat ini berstatus mahasiswa dan sering pindah kost-kostan atau kontrakan, kasur angin akan lebih mempermudah Anda saat berpindah daripada kasur biasa.

Terhindar dari Tungau Kasur dan Alergi

Tungau merupakan serangga kecil yang sering hidup di pori-pori kasur yang lembab. Tungau ini dapat menyebabkan masalah pada kulit dan saluran pernapasan. Salah satu keuntungan dari kasur angin adalah bebas dari tungau, karena tidak adanya pori-pori yang memudahkan tungau untuk hidup di dalamnya.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki alergi pada kapuk dan busa, maka menggunakan kasur angin akan menjauhkan Anda dari alergi tersebut. Seperti yang diketahui, kapuk yang digunakan untuk kapur tersusun dari partikel-partikel kecil yang jika terhirup oleh seseorang yang sensitif dapat memicu gangguan pernapasan.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Kasur angin diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur karena lentur dan empuk. Selain itu, kasur angin juga baik digunakan untuk Anda yang memiliki penyakit nyeri leher dan punggung karena dapat mengurangi rasa nyerinya. Hal ini dimungkinkan karena Anda dapat mengatur tingkat keempukan alas tidur Anda tersebut.

Cara Memilih Kasur Angin Terbaik

Tidak semua kasur angin yang dijual di pasaran memberikan kenyamanan saat digunakan. Oleh karena itu, kami akan memberikan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan saat ingin membeli kasur angin. Dengan mengacu pada poin-poin berikut, Anda bisa segera mengenali produk yang paling sesuai.

Pilih Ukuran yang Sesuai

Kasur angin hadir dalam pilihan ukuran yang bervariasi mulai dari ukuran yang kecil, sedang, hingga besar. Sebelum Anda membelinya, Anda harus menentukan untuk apa kasur angin itu digunakan nantinya. Jika akan digunakan untuk camping atau kegiatan outdoor lain, maka sesuaikan ukuran kasur yang akan dipilih agar muat dengan ukuran tenda, jangan sampai terlalu besar.

Kasur Angin Terbaik

Lain halnya jika Anda membutuhkan kasur angin sebagai tambahan kasur di rumah Anda, maka Anda bisa memilih kasur angin yang ukurannya besar. Atau bila Anda seseorang yang tinggal sendiri di kontrakan atau kos-kosan, maka Anda dapat memilih kasur angin berukuran kecil yang hanya bisa digunakan oleh satu orang.

Pilih Bahan yang Berkualitas

Terdapat beberapa bahan yang dapat digunakan untuk membuat kasur angin. Ada kasur angin yang terbuat dari bahan dengan karakteristik lembut, memiliki insulasi termal, dan breathable. Bahan ini membuat kasur angin sama nyamannya dan sama empuknya dengan kasur spring bed.

Bila Anda ingin membeli kasur angin untuk kegiatan di luar ruangan, cek apakah bahan yang digunakan mudah kotor serta gampang dibersihkan atau tidak. Hal ini merupakan hal yang penting karena di luar ruangan kasur angin akan langsung bersentuhan dengan tanah, lumpur, bahkan hujan. Jika terbuat dari bahan yang sulit dibersihkan maka akan memengaruhi keawetan dari kasur tersebut.

Salah satu bahan yang paling direkomendasikan untuk kasur angin guna kegiatan outdoor adalah PVC, karena ringan, kuat, tahan air dan mudah dibersihkan. Namun, bila kasur angin hanya diperuntukkan di dalam ruangan, Anda dapat memilih kasur berbahan polyester ataufiber-tech, karena empuk dan lembut. Dengan bahan ini, dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Untuk mengecek apakah bahan kasur angin berkualitas atau tidak sebelum membelinya, Anda dapat mengecek permukaannya dengan cara tidur di atasnya. Dengan begitu, Anda dapat merasakan sensasi kulit saat langsung bersentuhan dengan permukaan kasur angin.

Periksa Berat dan Ukurannya Saat Kempes

Jika Anda membeli kasur angin untuk tujuan kegiatan luar ruangan, jangan lupa untuk mengecek bobot dan ukurannya saat kondisi kasur terlipat. Dimensi kasur saat terlipat yang tidak memakan banyak tempat akan mempermudah Anda saat membawanya. Kasur dengan mudah dapat ditumpuk atau diselipkan di antara barang-barang bawaan Anda.

Pilih Teknik Pemompaan yang Cocok

Kasur angin memiliki teknik pemompaan yang berbeda-beda. Kurang lebih terdapat tiga metode pemompaan: pompa manual, pompa otomatis elektrik, dan tiup. Setiap metode tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan berbeda-beda yang harus Anda sesuaikan dengan tujuan penggunaan kasur.

Kasur angin yang menggunakan pompa manual merupakan tipe paling klasik dan praktis karena Anda tidak memerlukan tenaga listrik untuk mengisi angin ke dalam kasur. Selain itu, memompanya pun cukup mudah dan tidak mengeluarkan banyak tenaga karena menggunakan tumpuan kaki. Sangat cocok digunakan untuk travelling ke alam bebas karena Anda tidak perlu repot mencari sumber listrik.

Kasur Angin Terbaik

Namun, kelemahan kasur angin dengan pompa manual adalah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengisi anginnya. Jadi akan sedikit merepotkan untuk Anda yang tergesa-gesa ingin menggunakan kasur ini. Selain itu, kasur ini juga lebih cepat kempes sehingga harus dipompa kembali setiap beberapa jam.

Kasur dengan pompa elektrik built-in merupakan salah satu inovasi yang disukai banyak orang. Selain waktu pengisian angin yang cepat dan tidak mengeluarkan tenaga, kasur ini juga tidak mudah kempes. Setiap kasur angin elektrik memiliki rentang waktu pengisian yang berbeda-beda, sehingga Anda harus mengecek labelnya terlebih dahulu agar jumlah angin yang masuk sesuai dengan yang dibutuhkan.

Akan tetapi, kasur angin jenis ini akan menyulitkan Anda bila Anda harus bepergian ke tempat dengan sumber listrik terbatas. Untuk menyiasatinya, Anda dapat membeli kasur elektrik yang pompa listriknya dilengkapi dengan tenaga baterai sebagai cadangan sementara. Sayangnya, tipe kasur ini masih sulit dan jarang ditemui.

Selain kedua tipe kasur angin di atas, terdapat pula air sofa, yakni kasur angin yang pengisian anginnya dengan metode tiup. Bentuk kasur ini memiliki rongga di tengah, sehingga sangat menarik dan nyaman terutama bila digunakan oleh anak-anak. Bobot kasur ini juga lebih ringan dibanding jenis kasur lainnya.

Kekurangannya, kasur angin ini memerlukan tenaga karena Anda harus meniupkan udara ke dalam mulut kasurnya dalam jangka waktu tertentu. Kasur ini juga cepat kempes apabila terlalu lama digunakan sehingga Anda harus bolak-balik meniupnya secara teratur.

Memilih Fitur dan Aksesoris Kasur Angin Terbaik

Kasur angin umumnya dilengkapi beberapa fitur tambahan dan aksesoris pelengkap. Beberapa di antaranya adalah tas, pompa, selang pompa, carry bag, dan built-in pillow. Anda harus menentukan untuk apa kasur angin akan Anda gunakan sehingga Anda dapat memilih kasur angin dengan fitur yang mendukung.

Memilih Merk yang Premium

Terdapat banyak ragam kasur angin di pasaran yang dapat Anda pilih sesuai dengan preferensi Anda. Bila Anda menginginkan kasur angin dengan kualitas terbaik dan terbukti tahan lama, tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan untuk membeli kasur dengan merk premium. Sebagai contoh, air bed keluaran Intex atau Bestway bisa masuk ke dalam watching lists Anda.

Intex dikenal dengan produk kasur angin berkualitas tinggi, dengan desain terkini dan kenyamanan yang prima. Meski diberandol dengan harga yang cukup tinggi dengan kompetitornya yang lain, kasur keluaran Intex memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga nyaman digunakan. Dilengkapi juga dengan pompa listrik built-in yang membuat Anda hanya perlu memencet tombol di sisi-sisi kasur kala ingin memompa atau mengempiskan kasur.

Sedangkan Bestway terkenal dengan kasur anginnya yang ringkas dan fleksibel untuk dibawa kemana-mana. Saat membelinya, Anda juga akan memperoleh carry bag untuk memudahkan Anda membawa kasur baik dalam kegiatan indoor maupun outdoor.

Kelebihannya lagi, Bestway juga melengkapi kasurnya dengan pompa listrik untuk membuat durasi pengisian angin menjadi lebih cepat. Sayangnya, permukaan kasur angin keluaran Bestway umumnya dilapisi dengan beludru yang meskipun terasa lembut dan nyaman, namun mudah kotor. Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk membeli kasur angin Bestway, jangan lupa untuk rutin membersihkan kasurnya, ya!

8 Rekomendasi Kasur Angin Terbaik

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan beberapa produk kasur angin terbaik untuk Anda yang dapat dijadikan referensi. Termukan berbagai jenis dan ukuran kasur angin yang sesuai dengan selera Anda. Selamat memilih!

1. Intex Durabeam Rest Raised Airbed

Intex Durabeam Rest Raised Airbed

Produk ini dapat digunakan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Untuk penggunaan dalam ruangan, produk ini memberikan kenyamanan maksimal bagi tubuh terutama bagian punggung karena kontruksi Fiber-tech yang tersusun dari ribuan serat poliester berkekuatan tinggi.

Produk ini terbuat dari bahan dasar PVC vinyl yang tebal dan tahan air serta memiliki daya serap tinggi untuk keringat maupun panas tubuh sehingga baik sekali digunakan di luar ruangan. Memiliki kontur yang unik, kasur ini akan kuat dan stabil namun tetap ringan dan nyaman digunakan.

Dilengkapi dengan pompa listrik otomatis, kasur dengan dimensi 203 x 152 x 42 cm dan berat 8 kilogram ini tidak membutuhkan waktu lama untuk dipompa. Saat dihubungkan dengan daya 60 watt, hanya membutuhkan waktu 5 hingga 10 menit untuk pengisian angin ke dalam kasur. Kasur ini juga sudah dilengkapi dengan bantal serta kantung penyimpanan kasur saat tidak terpakai.

Untuk membelinya, Anda bisa merogoh kocek sebesar Rp1.099.000. Dengan pembelian kasur ini, Anda juga akan mendapatkan 2 buah bantal sebagai bonus dan pompa listrik yang tergabung dengan kasurnya.

2. Bestway 67004 Air Bed

Bestway 67004 Air Bed

Kasur angin berbahan kombinasi vinyl dan beludru halus pada permukaannya ini sudah lolos uji standar internasional untuk kelayakan dan keamanan. Berukuran 203 x 185 x 22 cm, kasur ini memiliki desain praktis, ringan, mudah dibawa kemana-mana, mudah disimpan, dan sangat nyaman digunakan. Sangat cocok digunakan saat Anda membutuhkan extra bed saat menginap di hotel atau saat rumah Anda kedatangan banyak tamu.

Dilengkapi dengan pompa elektrik bertegangan 220-240 volt, kasur ini hanya membutuhkan beberapa menit untuk pengisian anginnya hingga maksimal. Saat membeli, Anda juga akan mendapatkan repair kit berupa penambal karet untuk digunakan jika sewaktu-waktu ada kebocoran kasur. Dengan kapasitas beban hingga mencapai 295 kilogram, sangat cocok digunakan untuk menemani staycation Anda bersama keluarga, bukan?

Tertarik membeli produk ini? Kasur angin ini harganya relatif terjangkau, yakni Rp259.000. Dengan membeli kasur ini, dijamin Anda dan keluarga tidak akan kesulitan lagi mencari alas tidur yang praktis untuk dibawa-bawa ataupun disimpan.

3. Naturehike Ultralight TPU Sleeping Pad

Naturehike Ultralight TPU Sleeping Pad

Brand yang sering mengeluarkan produk-produk berkualitas untuk penggunaan outdoor ini merancang kasur angin yang sangat cocok bagi Anda pecinta aktivitas alam seperti camping atau mendaki gunung. Dimensinya sebesar 185 x 50 x 3 cm dengan berat hanya 0.46 kg saja, sangat pas untuk ukuran satu orang. Selain ringan, kasurnya juga mudah dilipat hingga menjadi ukuran kecil yang sangat travel-friendly.

Kasur ini didesain sesuai dengan postur tubuh, sehingga nyaman digunakan. Tidak dilengkapi pompa elektrik atau manual, maka kasur ini harus ditiup dulu sebelum digunakan, namun tidak membutuhkan waktu lama karena volume angin yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Tersedia dalam warna-warna yang cerah, Anda dapat menyesuaikan warna baju atau tas Anda agar senada dengan warna kasur sehingga perjalanan Anda tetap menyenangkan dan trendi.

Produk yang sangat pas dipakai untuk travelling ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp700.000. Pastikan Anda sudah membelinya sebelum Anda berencana mendaki gunung bersama teman-teman Anda!

4. Chanodug FX-8602

Chanodug FX-8602

Air bed merk chanodug ini didesain dengan ukuran 180 x 47 cm dan berat sekitar 900 kilogram saja, sehingga sangat fleksibel untuk dibawa travelling. Selain itu, kasur ini juga bisa dilipat hingga mencapai ukuran 12 x 15 cm, hemat tempat dan praktis. Memiliki material berkualitas yang empuk dan lembut, kasur ini cocok untuk Anda pakai dalam kegiatan camping dan hiking.

Canggihnya lagi, kasur ini juga dilengkapi dengan pompa  built-in di dalamnya sehingga untuk mengembangkan kasur ini Anda hanya perlu mengisi angin menggunakan kaki sekitar 3-5 menit. Lebih dari itu, kasur ini juga dilengkapi bantal built-in yang membuat leher Anda tidak pegal saat tidur. Tersedia dalam tiga warna yakni merah, hijau, dan biru, siapkan diri Anda untuk merasakan sensasi nyaman saat tidur di tenda layaknya tidur di hotel berbintang.

Dengan harga Rp183.000, Anda sudah bisa membawa pulang produk yang satu ini. Pastikan Anda dan teman Anda sama-sama membeli produk ini karena produk ini dirancang untuk pemakaian satu orang saja.

5. Kloken Magic Air Mattress

Kloken Magic Air Mattress

Kloken merupakan brand yang sudah populer di pasaran dunia seperti di Amerika, Eropa, Thailand, Singapura, Malaysia, China, dsb. Produk kasur angin dari Kloken ini memiliki kontur yang unik sehingga memiliki karakteristik yang kuat dan stabil. Dilengkapi dengan teknologi fiber-tech, kasur ini ringan, kuat, nyaman, dan mudah disimpan.

Berdimensi 203 x 152 x 30 cm, kasur ini memiliki lebar yang cukup untuk ditempati oleh dua orang atau Anda yang suka banyak bergerak ketika tidur sendirian. Selain itu, kasur ini juga memiliki teknologi built-in electronic pump sehingga membuat Anda tidak repot memompa kala ingin segera beristirahat.

Produk kasur ini ditujukan untuk segmen menengah ke atas. Sehingga, jangan kaget jika untuk mendapatkan produk ini Anda perlu merogoh kocek agak dalam. Kasur ini dibanderol dengan harga Rp999.000.

6. Bestway Air Sofa Bed 5 in 1

Bestway Air Sofa Bed 5 in 1

Jika Anda memerlukan produk yang multifungsi, inilah produk yang tepat untuk Anda. Kasur angin ini dapat Anda gunakan dalam lima variasi bentuk yaitu sofa tamu, sofa selonjor, kursi malas, serta tempat tidur berukuran single dan queen. Dibuat dengan bahan dan material dasar berkualitas tinggi, kasur ini tidak hanya terasa nyaman, namun juga kuat dan awet.

Memiliki teknologi dual action turbo pump pada pompa elektrik yang tersedia, Anda dapat mengembangkan dan mengempiskan kasur ini hanya dalam kurun waktu beberapa detik saja setelah mencolokkannya ke listrik. Ukuran maksimal ketika terisi angin adalah 188 x 152 x 64 cm, dan dilengkapi dengan sandaran kursi yang dapat Anda gunakan untuk bersantai.

Wah, jika dilihat dari segala fungsi yang ditawarkan, apakah harganya akan menjadi sangat mahal? Tidak juga, kasur ini tidak dibanderol dengan harga yang kelewat mahal. Harga yang ditawarkan amat kompetitif, yakni Rp560.000.

7. Apex PM-100A

Apex PM-100A

Dirancang untuk keperluan medis, kasur ini didesain untuk satu orang pasien yang harus berbaring dalam jangka waktu lama. Ukurannya 200 x 90 cm, kasur ini mengklaim dapat mencegah dekubitus pada pasien yang berbaring lama karena memiliki tekanan udara yang dapat diatur sehingga memungkinkan terjadinya sirkulasi udara yang baik di bagian bawah tubuh pasien.

Produk ini sangat mudah dioperasikan karena memiliki pompa yang digantung di sisi ranjang pasien. Meskipun begitu, waktu istirahat pasien tidak akan terganggu oleh suara bising pompa kompresor karena dirancang senyap, kompak, bebas getaran, serta irit listrik.

Mungkin sebagian besar dari Anda tidak mencari kasur dengan fungsi khusus medis seperti kasur ini. Akan tetapi, tetap saja, bagi siapapun yang membutuhkan, kasur ini sangat kami rekomendasikan. Dengan harga yang lumayan mahal, yakni Rp1.095.000, kasur ini tetap menawarkan fungsi yang bermanfaat.

8. Intime 288724 Meradiso Double Air Bed

Intime 288724 Meradiso Double Air Bed

Produk ini merupakan kasur angin serbaguna yang dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari atau dibawa bepergian. Bentuknya dobel dengan dua air bed dan dua bantal, sehingga cocok untuk Anda yang senang bepergian bersama rekan atau pasangan. Kasur ini dibuat dari bahan PVC vinyl serta sangat nyaman digunakan untuk tidur dan berbaring karena permukaannya dilapisi beludru halus.

Kasur ini didesain portabel sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Lebih dari itu, terdapat pula pompa elektrik agar kasur ini bisa dipompa otomatis hanya dengan dicolokkan ke sumber listrik.

Tidak seperti kasur-kasur angin lainnya, kasur ini tampil lebih elegan seperti kasur di penginapan ataupun hotel. Dengan warna putih kapasnya, kasur ini akan tampak cantik di kamar ataupun dimanapun ia diletakkan. Dengan harga Rp398.000, Anda sudah bisa membawa kasur ini ke rumah.

Kiat Menambal Kebocoran Kasur Angin

Salah satu kelemahan dari kasur angin adalah memiliki risiko untuk bocor sewaktu-waktu. Oleh karena itu, Anda harus mengerti tanda-tanda dari kebocoran kasur berikut apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Temukan Kebocoran Kasur

Pertama-tama Anda harus mengetahui dengan pasti ciri-ciri kasur angin mengalami kebocoran. Hal ini bisa sedikit menyulitkan karena sulit memprediksi dimana titik kebocorannya. Beberapa metode di bawah ini dapat membantu Anda.

Cek Katup Udara dengan Tangan

Pada umumnya kebocoran kasur terjadi di area katup udara, sehingga Anda harus mengecek katup untuk mengetahui bocor tidaknya. Anda bisa meletakkan tangan Anda di area katup dan merasakan apakah terdapat aliran udara atau tidak. Selain itu, Anda juga dapat mencoba mengempiskan kasur dengan posisi katup menutup dan dengarkan apakah terdapat desisan angin yang menandakan katupnya bocor.

Kasur Angin Terbaik

Apabila kebocoran bukan terjadi di bagian katup, Anda dapat mengempeskan kasur perlahan sambil membolak-baliknya. Sinari kasur dengan cahaya yang terang atau dengan senter untuk melihat kemungkinan adanya lubang. Jangan lupa untuk mendengarkan apakah  terdengar desisan udara atau tidak.

Anda juga dapat memompa kasur hingga menggelembung untuk mengetahui adakah bagian kasur yang mengeluarkan desisan angin. Namun Anda harus melakukan ini secara hati-hati karena jika pompanya terlalu besar maka kasur dapat meledak.

Menggunakan Semprotan Sabun

Cara alternatif lain adalah dengan menggunakan semprotan yang berisi sabun cuci piring dan air hangat. Semprotkan campuran tersebut ke setiap bagian kasur. Bila terdapat kebocoran, bagian kasur yang bocor akan mengeluarkan gelembung-gelembung kecil.

Namun, cara ini tidak terlalu direkomendasikan karena semprotan tersebut bisa memicu tumbuhnya jamur pada kasur. Jamur yang tumbuh dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius pada kasur.

Menggunakan Metode Tambal Ban

Caranya sama seperti tukang tambah ban dalam menangani ban yang bocor. Pertama-tama Anda harus menyiapkan bak air yang cukup besar, kemudian celupkan kasur yang sudah dikempiskan ke dalamnya. Bagian kasur yang bocor akan mengeluarkan gelembung-gelembung yang tinggal Anda tandai untuk kemudian menambalnya.

Amplas Bagian yang Bocor

Ini bisa dilakukan apabila kebocoran terjadi di sisi atas kasur. Bagian sekitar lubang yang bocor sebaiknya diamplas lebih dahulu agar bulu halus di sekitar lubang dapat menghilang dan tambalan menjadi lebih merekat kuat. Lakukan pengamplasan dengan lembut, dan setelahnya, bersihkan area tersebut menggunakan kain bersih untuk membuang sisa-sisa bulu halus.

Merekatkan Tambalan

Hal ini merupakan hal paling utama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kebocoran kasur. Anda bisa menggunakan tambalan khusus atau menggunakan bahan perekat umum seperti selotip atau plastik perekat. Sesuaikan ukuran tambalan dan rekatkan tepat di atas lubang yang terjadi.

Kasur Angin Terbaik

Menindih Tambalan dengan Benda Berat Semalaman

Hal ini sebaiknya dilakukan untuk membuat tambalan menjadi semakin merekat dan tidak mudah lepas. Letakkan beban berat tepat di atas permukaan yang ditambal kemudian biarkan semalaman. Anda dapat menggunakan buku, majalah, atau potongan logam sebagai beban.

Cara Merawat Kasur Angin

Anda juga harus merawat kasur angin dengan baik agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Kiat-kiat di bawah ini dapat menolong Anda dalam merawat kasur kesayangan Anda.

Baca Instruksi yang Tersedia

Hal ini sebenarnya merupakan hal yang paling krusial dan mendasar namun sayangnya sering disepelekan. Setiap kasur angin yang Anda beli pasti dilengkapi manual instruction yang akan memberi tahu cara menggunakan dan merawat kasur angin yang sudah Anda beli tersebut. Sebelum menggunakannya, sebaiknya sisihkan beberapa menit untuk membaca dahulu instruksi yang tersedia.

Menyediakan Alas di Bagian Bawah dan Atas Kasur

Sebaiknya, sediakan alas untuk bagian bawah dan atas kasur angin Anda. Untuk bagian bawah, berikan alas yang cukup tebal dan lembut untuk mengurangi terjadinya gesekan dengan lantai yang dapat mengikis permukaan kasur. Alas juga dapat menghindarkan kasur Anda dari gangguan serangga-serangga kecil yang berpotensi melubangi kasur.

Pada bagian atas kasur, berikan kain pelindung atau sprei. Sprei juga dapat mengurangi terjadinya potensi bocor. Selain itu, penggunaan sprei akan membuat momen beristirahat Anda menjadi lebih nyaman karena Anda tidak perlu bersentuhan langsung dengan permukaan kasur yang keras dan kasar.

Sewajarnya Memompa Angin

Setiap kasur memiliki batas maksimal pemompaan angin. Jangan sampai berlebihan dalam memompa karena akan membuat kasur angin menjadi melar dan rentan robek. Selain itu, dalam beberapa kasur, pemompaan yang melampaui batas maksimal dapat memicu ledakan kasur.

Rutin Dibersihkan

Sama seperti properti lainnya, kasur angin juga harus rutin dibersihkan. Cara membersihkannya juga cukup mudah, Anda dapat mengelap bagian-bagian kasur dengan air atau cairan antibakteri.  Setelah itu, jangan lupa untuk mengeringkan kasur sebelum menggunakannya kembali.

Kesimpulan

Di pasaran, terdapat beragam pilihan kasur angin dengan variasi bahan serta desain yang tersedia. Pilih kasur angin terbaik yang sesuai dengan yang Anda butuhkan agar Anda tetap dapat beristirahat dengan nyaman di manapun yang Anda mau. Semoga artikel dari kami ini dapat memberikan sedikit insight, ya!

Leave a Comment