8 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik 2021

Sepatu bola merupakan elemen penting yang digunakan untuk Anda yang sering bermain sepak bola. Biasanya, untuk bermain sepak bola, sepatu yang nyaman digunakan adalah jenis sepatu spike, yakni sepatu dengan ornamen totol-totol yang menusuk di bagian bawahnya.

Sepatu spike banyak digunakan karena memberikan keuntungan bagi pemain bola saat berlari. Traksi dan kecepatan yang dihasilkan menggunakan sepatu spike jauh lebih optimal bila dibandingkan sepatu biasa.

Untuk itu, memilih sepatu bola terbaik dan tepat adalah hal yang penting. Sudah banyak brand yang mengeluarkan koleksi sepatu spike. Nike, Adidas, Puma, Mizuno, dan banyak brand lainnya sudah menelurkan berbagai macam inovasi sepatu spike yang terkini.

Nah, bila Anda masih bingung dalam memilih sepatu bola terbaik yang cocok untuk Anda, disini kami akan menjelaskan cara memilih sepatu berikut rekomendasi yang tersedia. Pemilihan sepatu yang tepat akan semakin menunjang performa Anda di lapangan rumput. Jadi, selamat memilih!

Tips Memilih Sepatu Bola Terbaik

Sepatu bola merupakan kunci kemenangan dari suatu pertandingan sepak bola. Menggunakan alat inilah pemain akan melakukan serangkaian aksi di lapangan, mulai dari berlari, menyepak, hingga melompat di atas rumput. Untuk menemukan sepatu bola terbaik, diperlukan tips yang jitu, seperti yang kami uraikan di bawah ini.

Sepatu Bola Terbaik di Indonesia

Pilih Material Sepatu Bola yang Sesuai

Di pasaran, sepatu bola terbuat dari dua macam bahan, yakni kulit asli dan kulit sintetis, dengan karakteristik yang cukup berbeda. Sepatu berbahan kulit asli lebih terasa lentur dan mengikuti bentuk kaki. Sedangkan bahan kulit sintetis sedikit lebih kaku namun jauh lebih murah dan awet.

Kebanyakan kulit asli yang digunakan untuk membuat sepatu bola adalah kulit kangguru, yang merupakan jenis kulit terbaik karena memiliki kekuatan dan kelenturan yang tidak dimiliki oleh kulit lainnya. Ada dua buah jenis kulit yang bisa dipakai, yaitu suede yang merupakan kulit bagian dalam, dan leather yang merupakan kulit bagian luar. Leather inilah yang menjadi favorit.

Mengenakan sepatu bola berbahan dasar kulit kanguru akan terasa sangat lembut, sangat pas, dan semakin lama dipakai akan semakin nyaman. Namun kekurangan dari bahan kulit asli ini adalah lebih mudah rusak bila terkena air. Harganya pun relatif mahal.

Sedangkan sepatu berbahan kulit sintetis meskipun awalnya terasa lebih kaku, namun berkat teknologi yang terus dikembangkan, kini terasa cukup nyaman dan sudah banyak dipakai oleh atlet profesional. Sepatu jenis ini lebih mudah ditemukan di pasaran, dengan harga yang lebih murah dibandingkan kulit asli, namun dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Pilih Sepatu Bola Terbaik Berdasarkan Jenis Lapangan

Ada beberapa jenis lapangan yang dapat digunakan untuk memainkan si kulit bundar. Lapangan bola yang ada tersebut, juga mempunyai perbedaan karakteristik permukaan: lapangan basah, lapangan rumput sintetik, lapangan kering, lapangan playwood, lapangan indoor. Beda jenis lapangan, beda pula sepatu bola yang digunakan.

Tentukan sol sepatu yang akan dipakai dengan kondisi lapangan. Sol sepatu merupakan aspek penting yang harus diperhatikan karena berperan penting dalam tiga hal: Kecepatan (speed), pengendalian (control), dan kekuatan (power). Saat ini terdapat 4 jenis sol sepatu yang terkenal oleh produsen sepatu sepak bola yaitu soft ground, firm ground, hard ground, dan artificial ground.

Sepatu Bola Terbaik

Sepatu bola sol soft ground umumnya dipakai untuk kondisi lapangan yang bermedan lunak atau soft, cocok digunakan pada lapangan yang basah akibat hujan atau berembun. Sol ini memiliki karakteristik yang khas yaitu terdapat 2 stud belakang (pul), dan 7 stud depan. Umumnya terbuat dari bahan plastik untuk bagian outsole dan aluminium untuk bagian ujung stud.

Sepatu bola sol firm ground digunakan untuk kondisi lapangan yang agak keras. Bentuknya yang kecil memungkinkan Anda untuk tidak mudah terpeleset bila bermain bola di lapangan berumput asli. Terdapat 4 stud belakang dan 9 stud depan sebagai ciri khas utama, dengan bahan TPU/plastic untuk bagian outsole.

Jika kondisi lapangan sangat keras dan kering, ada baiknya Anda menggunakan sepatu bola dengan sol hard ground. Sesuai namanya, sol yang dirancang akan bermanfaat untuk Anda karena tidak licin dan tahan guncangan berlebih saat Anda asik men¬-dribble bola di atas permukaan lapangan yang keras. Sol hard ground memiliki 11 stud di bagian depan dan 4 stud di bagian belakang, bagian outsole terbuat dari karet (rubber) atau TPU yang lembut.

Sedangkan bagi Anda yang sering bermain futsal di lingkungan indoor atau lapangan berumput artifisial, maka sepatu bola bersol artificial ground adalah yang terbaik untuk Anda gunakan. Sepatu bola jenis ini tidak menggunakan stud melainkan sol karet. Sepintas akan lebih terlihat seperti sepatu kets biasa namun sepatu ini akan sangat fungsional digunakan untuk penguat pijakan kaki di atas lapangan rumput buatan.

Pilih Bantalan Terbaik pada Sepatu Bola

Sepatu bola diproduksi dengan tiga jenis macam bantalan atau pull pada bagian bawah spike. Bagian pull ini berfungsi untuk memudahkan pemain berlari. Beberapa bentuk bantalan yang dapat Anda temukan antara lain moulded, blade, dan screw in.

Bantalan bentuk moulded akan sangat menguntungkan saat Anda melakukan gerakan memutar, karena bisa menerima kekuatan dari segala arah dan tidak akan terlalu membebani pergelangan kaki Anda. Jenis ini banyak ditemukan di sepatu bola terbaik yang beredar di Indonesia karena cocok untuk karakter lapangan sepak bola di Indonesia yang cenderung keras. Namun, digunakan di lapangan sintetis pun tetap memberikan kestabilan.

Sepatu Bola Terbaik

Sedangkan spike dengan tipe bantalan blade sangat cocok untuk Anda mengontrol gerakan kaki saat berlari atau berhenti mendadak. Dengan daya cengkeramnya yang mumpuni, Anda tidak perlu takut untuk mudah terpeleset setelah melakukan gerakan berlari yang intens. Namun sepatu dengan spike meruncing akan jauh lebih berat bagi pergelangan kaki Anda.

Sedangkan spike dengan bantalan berbentuk screw in yang merupakan perpaduan dari spike moulded dan blade. Namun jenis spike ini masih belum banyak ditemui di produk-produk sepatu bola karena bantalan bentuk ini lebih cocok dipakai di lapangan berumput yang lembut. Jenis ini memberikan daya cengkeram sepatu yang kuat ke lapangan.

Sesuaikan Sepatu Bola dengan Posisi Anda dalam Tim

Apakah Anda bermain sebagai kiper? Ataukah pemain belakang, gelandang, atau striker? Beda posisi, beda pula sepatu bola yang digunakan. Kesalahan memilih sepatu bola yang tidak cocok dengan posisi bermain dapat mengakibatkan performa bermain yang kurang memuaskan bahkan cedera serius.

Sepatu Bola Terbaik untuk Kiper

Jika Anda bermain sebagai kiper, Anda tidak membutuhkan sepatu bola yang sangat ringan untuk berlari. Anda membutuhkan sepatu yang kuat dan kokoh dalam memberikan stabilitas, pool yang rata, serta struktur sepatu yang solid. Anda juga harus memastikan sepatu yang Anda pilih memiliki heel counter yang baik untuk menahan kaki ketika melompat.

Selain itu, pastikan juga sepatu dapat memberikan perlindungan pada tumit kaki sebaik mungkin. Kekuatan sepatu juga harus menjadi prioritas karena akan sangat membantu Anda memberikan kekuatan tendangan yang maksimal untuk langsung mengirimkan bola ke barisan pemain terdepan. Beberapa contoh sepatu yang direkomendasikan untuk kiper adalah Nike Tiempo Legend VIII, Puma Future 5.1 Netfit, Adidas Predator Mutator 20, Nike Phantom GT, Nike Mercurial Superly 7.

Sepatu Bola Terbaik untuk Pemain Belakang

Karakteristik sepatu bola untuk pemain belakang tidak jauh berbeda dengan sepatu bola untuk kiper. Selain membutuhkan sepatu yang stabil dan kuat untuk melompat, pemain belakang membutuhkan sepatu bola yang kuat untuk mengejar lawan dan menahan serangan. Beberapa sepatu yang direkomendasikan untuk posisi ini antara lain Umbro Medusae 3 Elite, Adidas Predator 20.1, Mizuno Morelia 2 Japan, Nike Tiempo Legend VIII, dan Puma One 20.1.

Sepatu Bola Terbaik

Sepatu Bola Terbaik untuk Gelandang

Jenis sepatu yang dibutuhkan untuk pemain di posisi vital ini adalah sepatu bola dengan fungsi stud yang dapat menambah akurasi distribusi bola dan stabilitas. Gelandang membutuhkan sepatu bola yang dapat menunjang posisinya sebagai playmaker dan mengatur tempo jalannya permainan. Sepatu yang direkomendasikan untuk posisi ini adalah Adidas Copa Gloro 20, Mizuno Rebula 3 Japan, Adidas Nemeziz 19.1, ASICS Ultrezza AI, dan Nike Phantom VSN 2.

Sepatu Bola Terbaik untuk Pemain Sayap

Pemain sayap baik yang bermain di bagian belakang, tengah, hingga depan, membutuhkan sepatu bola yang dapat meningkatkan kecepatan berlari, kelincahan menggiring bola (dribble), serta akurasi dan kekuatan tendangan. Karakter sepatu bola untuk posisi ini adalah super ringan, simpel, serta memiliki fitur aerodinamis. Sepatu bola yang cocok untuk melengkapi pemain sayap antara lain Adidas X 19.1, Nike Mercurial Vapor/Superfly, New Balance Furon V5, dan Puma Future 5.1 Low.

Sepatu Bola Terbaik untuk Striker

Sebagai pemain yang membutuhkan ketangguhan untuk bertarung dengan pemain lain, seorang striker memerlukan sepatu bola dengan bagian yang keras di daerah tumit. Pada bagian depan sepatu dibutuhkan tambahan bantalan karet atau kulit sintetis untuk membuat tendangan lebih akurat. Jika Anda memegang posisi sebagai seorang striker, sepatu bola yang tepat untuk Anda antara lain Nike Mercurial Vapor 13, Puma Future 5.1, Adidas Predator 20.1, Nike Phantom VSN II, dan Mizuno Rebula 3 Japan.

Pilih Ukuran Sepatu Bola yang Sesuai

Faktor terpenting dalam memilih sepatu bola adalah: apakah Anda nyaman memakainya? Jangan sampai terlalu sempit atau terlalu longgar, karena selain membuat keawetan sepatu menjadi berkurang, Anda juga berisiko mengalami penurunan performa bahkan cedera.

Sebelum membeli, ada baiknya untuk Anda mencoba sepatunya terlebih dahulu. Pastikan jari-jari kaki Anda masih leluasa bergerak dan ada kelebihan 5 mm di bagian jari kaki Anda saat Anda menekan area jari kaki dari permukaan luar sepatu. Jangan lupa mengenakan kaos kaki saat Anda mencoba sepatu bola yang ingin Anda beli, karena ketebalan kaos kaki bisa berpengaruh.

Cek Kenyamanan dan Kekuatan Sepatu Bola Sebelum Membeli

Selain ukuran, hal yang harus Anda cek adalah kenyamanan dan kekuatan sepatu bola tersebut. Setelah terasa pas di kaki Anda, apakah sepatu terasa nyaman dipakai untuk berlari dan menendang bola? Anda bisa pura-pura melakukan gerakan berjinjit, berlari kecil dan shooting sembari mencoba sepatunya.

Jangan hanya meyakini kondisi sepatu hanya dari tampilan sepatu pada kaki Anda di cermin. Coba tekuk bagian depan sepatu, saat bagian sepatu yang ditekuk dapat mencapai sepertiganya, merupakan salah satu indikasi sepatu yang Anda pilih dapat memberikan kenyamanan dalam menembak bola.

Kekuatan sepatu bola juga harus menjadi pertimbangan. Jangan sampai sepatu bola gampang jebol begitu digunakan bermain.

Cara mengecek kekuatan sepatu bola cukup mudah. Tekan ujung bagian belakang sepatu dan rasakan kekuatannya. Bagian belakang ini merupakan bagian untuk menopang tumit kaki, jadi harus kokoh. Biasanya terpasang bantalan yang ringan dan empuk di bagian tersebut untuk menahan benturan pada tumit yang bisa terjadi ketika berlari.

Cek Tali Sepatu Bola

Sering disepelekan, nyatanya tali pada sepatu bola juga memiliki fungsi yang krusial. Tali sepatu yang tidak gampang kendor akan membuat gerakan kaki Anda semakin lincah dan akurat. Pastikan tali sepatu yang tersemat merupakan tali sepatu original dan berkualitas tinggi.

8 Rekomendasi Sepatu Bola Terbaik

Bila Anda masih bingung dalam memilih sepatu bola yang terbaik untuk Anda, berikut rekomendasi dari kami.

1. Mizuno Morelia Neo II Made in Japan

Mizuno Morelia Neo II Made in Japan

Sepatu yang juga digunakan oleh pemain bola kenamaan dari Jepang seperti Maya Yoshida dan Shinji Okazaki ini, merupakan penyempurnaan dari seri Morelia Neo sebelumnya. Menggunakan bahan dasar kulit kanguru berkualitas tinggi, sepatu yang juga dipakai oleh Thiago Motta dan Hulk ini dikenal tahan air, tahan noda, dan awet digunakan.

Meskipun diberandol dengan harga yang cukup tinggi, sepatu bola yang memiliki fitur ultra-lightweight ini bisa membuat Anda lincah bergerak di lapangan seperti tanpa menggunakan alas kaki. Dengan spike yang berbentuk moulded dan external heel counter memberikan kenyamanan ekstra untuk kaki Anda. Fleksibilitas yang dimiliki oleh sepatu bola ini pun cukup baik karena dilengkapi dengan graded nylon sole plate.

Sepatu ini dilengkapi bahan kulit kanguru untuk menambah daya tarik dan kemampuan sepatu ini. Sepatu ini memiliki tipe spike yang membulat. Sepatu yang memiliki pilihan ukuran 6-13 (38-47) ini dibanderol dengan harga Rp3.100.000.

2. Nike Superfly 6 Elite FG

Nike Superfly 6 Elite FG

Cocok untuk Anda dengan tipe permainan yang gesit, sering bergerak dengan manuver kesana kemari yang agresif, maka sepatu ini adalah yang Anda cari. Sol sepatu luar yang didesain terpisah antara bagian depan dan belakang agar mengikuti lekukan kaki Anda, serta bagian upper yang lebih ringan, memungkinkan Anda untuk berakselerasi secara lebih cepat dan efektif di lapangan.

Dirancang menggunakan bahan kulit sintetis dan dilengkapi fitur micro-textured flyknit, sepatu ini merupakan model top-end dan termahal. Sepatu yang digunakan oleh pemain bola kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo, Raheem Sterling, dan Eden Hazard ini memiliki flyknit di bagian atas memberikan penguncian yang sangat baik meskipun tidak memiliki kabel flywire. Desain soleplate yang terpisah memberikan traksi yang kokoh di rumput.

Sepatu ini cocok dipakai untuk di lapangan FG. Spike yang dipakai di sepatu ini adalah tipe meruncing. Ada banyak pilihan ukuran sepatu ini, mulai dari 4-13 35-47. Jika Anda tertarik untuk membeli sepatu ini, maka siapkan kocek sebesar Rp1.618.000

3. Puma Future 18.1 Netfit

Puma Future 18.1 Netfit

Hadir dengan desain yang trendy dan sporty, bola persembahan Puma ini dibuat dari bahan kulit sintetis form-fitting textile berkualitas tinggi. Jahitan yang kuat serta teknologi Netfit memungkinkan tali sepatu dapat Anda ikatkan ke jaring-jaring yang tersedia. Membuat sepatu tetap dapat melekat kuat di kaki Anda.

Bahan yang digunakan juga membuat sepatu tetap kering dan tidak ditumbuhi jamur karena perputaran udara tetap berjalan dengan lancar. Dilengkapi dengan ankle sock plus sol luar yang kuat dan elastis, serta spike berbentuk moulded dan blade juga memberikan akurasi yang baik untuk Anda melakukan manuver penguasaan bola.

Sepatu ini termasuk salah satu sepatu bola paling murah di artikel ini. Dengan uang Rp350.000 saja, Anda sudah bisa memiliki sepasang sepatu ini. Jika Anda berkaki besar, maka sepatu ini cocok untuk Anda karena memiliki ukuran hingga 48,5.

4. Adidas Nemeziz 17.1 Firm Ground

Adidas Nemeziz 17.1 Firm Ground

Sepatu bola ini dikenal memberikan sensasi sentuhan yang baik pada bola. Fitur outsole Torsion Frame dan spike meruncing diketahui sangat cocok dan nyaman untuk mengikuti gerakan kaki serta memberikan traksi yang maksimal bahkan di kondisi lapangan yang basah. Sangat cocok untuk Anda dengan tipe permainan cepat, lincah, agresif, dan senang mencoba manuver yang berliuk-liuk.

Menggunakan sepatu bola ini, Anda akan dapat mengecoh lawan dengan mudah. Konfigurasi stud yang dimiliki sepatu ini memang khusus dirancang untuk memudahkan pemain bergerak tanpa ampun. Ditambah teknologi dual lock collar membuat pergerakan cepat Anda terkunci yang pas dan stabil sehingga Anda dapat bergerak dengan sebebas dan seleluasa mungkin.

Dengan besarnya nama brand sepatu ini dan popularitasnya membuat sepatu ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yakni Rp4.618.000. Bahan yang dipakai untuk bagian atas sepatu ini adalah campuran bahan sintetis dan tekstil. Sepatu ini cocok untuk dipakai di lapangan FG dan tersedia dalam berbagai ukuran, dari 38 hingga 47.

5. New Balance Furon 4.0 Pro FG

New Balance Furon 4.0 Pro FG

Dikhususkan bagi Anda yang membutuhkan sepatu sangat ringan untuk berlari namun tetap memiliki akurasi yang tinggi untuk menendang bola ke gawang lawan. Penggabungan FantomFit Tech dan membran Hydraskin pada sepatu ini memberikan bagian atas sepatu yang lembut dan empuk dan membalut kaki Anda dengan nyaman.

Pada bagian bawah, terdapat spike yang meruncing dan insole ortholite agar kaki Anda bisa berlari mengejar bola dengan cepat namun tetap leluasa, bahkan dalam kondisi cuaca tidak terduga sekalipun. Meksipun harganya cukup mahal, namun cukup wajar dengan kualitas kelas dunia yang dimiliki.

6. Adidas Predator 18.1 Firm Ground Boots

Adidas Predator 18.1 Firm Ground Boots

Seri predator yang dirancang oleh Adidas ini memang dikhususkan untuk para pemain bola yang ingin menguasai lapangan. Seperti namanya, predator, yang tak segan-segan mengejar bola dan merebut bola yang dikuasai lawan. Sepatu ini juga terasa nyaman dan kokoh di kaki, adanya fitur stratchy sockfit collar memberikan sensasi cengkeram kuat pada rumput serta primemesh sock-like memberikan sentuhan lembut pada kaki Anda, membuat Anda seperti tak mengenakan sepatu.

Jika Anda ingin menyajikan permainan tingkat tinggi, sepatu ini sangat cocok Anda kenakan. Dilengkapi teknologi primekit dan controlskin pada bagian atas sepatu, memungkinkan Anda dapat mengontrol bola dengan maksimal. Sepatu ini akan membantu Anda menjadi pemain yang diperhitungkan oleh lawan.

7. Nike Legend 7 Elite FG

Nike Legend 7 Elite FG

Produk premium dari Nike ini dibuat dengan bahan kulit kangguru yang lemput dan empuk. Dilengkapi dengan teknologi NIKEGRIP juga flywire, sepatu ini akan “memeluk” kaki Anda dengan nyaman, memudahkan Anda menggocek bola dengan presisi tanpa takut bergeser atau terpeleset.

Meskipun desain sepatunya terlihat kasual dan simpel, namun sepatu ini banyak dipakai oleh atlet sepakbola profesional karena memberikan stabilitas yang baik. Stabilitas ini diperoleh karena adanya teknologi Fit-Mesh yang bermanfaat bagi daya sentuh dan kontrol bola. Anda akan dapat merasakan kualitas premium yang ditawarkan sepatu ini saat membungkus sempurna kaki Anda hingga ke tumit, karena terasa empuk, fleksibel, lentur, namun tidak kendor.

Sepatu dengan desain tegas berwarna hitam ini memiliki spike dengan tipe membulat dan meruncing. Tertarik membeli sepatu ini? Anda perlu merogeh kocek sebesar Rp2.399.000.

8. Diadora Sport M. Winner RB Italy OG MDPU

Diadora Sport M. Winner RB Italy OG MDPU

Dibuat dengan kulit kangguru berkualitas dan hadir hanya dengan satu warna yakni putih kombinasi kuning, Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan sepatu ini di lapangan berumput yang sering basah. Dilapisi bahan antiair di bagian kulit luar serta adanya hydro microfiber di bagian lapisan dalam, membuat sepatu ini tahan lama serta tetap kuat meski sering terkena air.

Dibuat di jantung olahraga sepakbola, Italia, sepatu ini pernah digunakan oleh juara Diadora di masa lampau, sehingga tidak perlu diragukan kualitasnya. Dengan desain spike yang sepenuhnya membulat, dijamin tidak akan membebani kaki Anda saat Anda ingin melakukan manuver-manuver cepat di lapangan.

Cara Merawat Sepatu Bola

Sekarang, setelah Anda sudah berhasil memilih sepatu bola yang cocok untuk Anda, Anda juga harus tahu bagaimana cara merawatnya agar tetap awet. Berikut tips dari kami.

Disiplin Membersihkan Sepatu Bola

Wajar jika sepatu bola cepat kusam terkena tanah dan kotoran, oleh karena itu untuk menjaga kualitas kulit pada sepatu Anda, segera bersihkan kotoran setelah Anda bermain. Cara membersihkannya cukup mudah. Hilangkan tanah dan kotoran di sepatu Anda dengan cara menepuk-nepuk kedua sol sepatu atau menggunakan sikat, kain, stik eskrim, atau obeng secara lembut dan hati-hati agar tidak menimbulkan goresan.

Sepatu Bola Terbaik

Jika dengan disikat masih tetap kotor, Anda bisa mencucinya dengan menggunakan sabun bayi atau bahan pencuci khusus untuk kulit sepatu. Usap lembut kain yang sudah dicelup ke dalam campuran air dan bahan pencuci pada sepatu. Jangan sekali-kali merendam sepatu Anda ke dalam air karena lapisan sepatu dapat retak dan mengelupas. Setelahnya, jangan lupa keringkan sepatu bola Anda dengan handuk atau lap kering setelah mencucinya.

Hindarkan Sepatu Bola dari Cahaya Matahari

Jika sedang tidak digunakan, atau setelah sepatu selesai dicuci, simpan sepatu bola di tempat yang sejuk dan jauh dari jangkauan cahaya matahari. Jika ingin mengeringkan sepatu bola setelah dicuci, cukup dikering-keringkan tanpa harus dijemur di bawah panas matahari. Anda dapat menggunakan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan.

Selalu Gunakan Kaos Kaki saat Mengenakan Sepatu Bola

Kaos kaki tidak hanya mencegah kaki Anda lecet dari gesekan dengan sepatu bola, namun juga mencegah lapisan dalam sepatu bola dari kerusakan. Saat bermain bola, keringat akan keluar dari kaki Anda. Tanpa mengenakan kaos kaki, sepatu Anda akan mudah bau dan berjamur yang pada akhirnya membuat sepatu menjadi rapuh dan cepat rusak.

Sepatu Bola Terbaik

Jangan Sembarangan Menyumpal Sepatu Bola

Mungkin sudah menjadi kewajaran di masyarakat untuk menyumpal sepatu-sepatu yang tersimpan dengan kertas atau koran. Namun, jangan sekali-kali melakukan ini untuk sepatu bola Anda jika Anda ingin menjaga kualitasnya. Sepatu bola yang sering disumpal dengan kertas atau koran akan membuat bentuknya berubah dan lebih menggelembung.

Jangan Mengenakan Sepatu Bola selain Untuk Bermain Bola

Sepatu bola sudah dirancang khusus hanya untuk bermain bola. Jangan gunakan sepatu bola kesayangan Anda untuk kegiatan-kegiatan yang lain, terutama kegiatan yang mengharuskan Anda melakukan kontak dengan permukaan yang keras. Jika Anda sering mengenakan sepatu bola tidak sesuai dengan peruntukannya, terlebih sering menumbur benda-benda yang keras, besar kemungkinan sepatu bola Anda tidak bertahan lama.

Kesimpulan

Sebagai olahraga yang bertumpu pada kekuatan kaki, sepatu bola merupakan properti yang penting dalam bermain bola. Sepatu bola terbaik yang tepat akan ikut meningkatkan performa pemain.

Banyak jenis sepatu bola yang beredar di pasaran dengan beragam bahan, merk, model, harga, dan fitur yang ditawarkan. Utamakan memilih sepatu yang menawarkan kenyamanan, dengan ukuran yang pas di kaki Anda, bantalan sol yang cocok, dan berat sepatu yang tidak membebani kaki Anda. Dengan sepatu yang cocok, nikmati waktu bermain Anda sebagai bintang lapangan!

Leave a Comment