10 Rekomendasi Shuttlecock Badminton Terbaik 2021

Selain raket, Shuttlecock juga merupakan peralatan vital yang harus ada di lapangan badminton. Saat ini, terdapat beragam jenis Shuttlecock badminton yang diproduksi dari bahan alami atau pun sintetis. Beberapa brand ternama seperti Yonex, Li-Ning dan Victor juga telah melengkapi koleksinya dengan Shuttlecock untuk memenuhi kebutuhan para pelanggannya.

Baik tidaknya kualitas Shuttlecock akan mempengaruhi performa dalam permainan. Oleh sebab itu, sangat diperlukan pertimbangan yang matang saat akan membelinya. Ulasan berikut akan membahas serta merekomendasikan beberapa produk Shuttlecock badminton terbaik dan berkualitas dari merk-merk ternama yang bisa anda pilih sesuai dengan selera dan tujuan penggunaan.

Apa itu Shuttlecock Badminton?

Shuttlecock badminton atau biasa disebut “kok” saja adalah sebuah bola yang digunakan dalam permainan atau olahraga bulu tangkis. Kok badminton memiliki ciri-ciri terdiri atas bulu-bulu angsa, atau bulu sintetis yang dibentuk menyerupai bulu angsa, yang disusun secara rapi membentuk kerucut terbuka. Bagian pangkal kerucut berbentuk setengah bola terbuat dari bahan gabus sebagai pemberat.

Shuttlecock Badminton Terbaik di Indonesia

Kata Shuttlecock pertama kali dipopulerkan di Inggris, yang mana terdiri dari dua kata yaitu “shuttle” dan “cock”. Kata “shuttle” diambil berdasarkan sifat dari bola ini yang mampu bergerak bolak-balik saat dimainkan berkat adanya gabus pemberat. Sedangkan, kata “cock” yang berarti ayam jantan diambil karena bentuk bulunya yang menyerupai bulu ayam.

Top 10 Shuttlecock Badminton terbaik di Indonesia

Berikut merupakan 10 produk terbaik dari brand-brand ternama perlengkapan badminton yang pastinya bisa memenuhi kebutuhan sesuai tujuan dan keadaan anda. Tidak perlu khawatir, karena seluruh produk berikut bisa anda dapatkan di toko-toko olahraga terdekat. Bagi anda yang menggemari online shopping, kami juga melengkapi ulasan tiap produk dengan link pembeliannya.

Gadjah Mada International Badminton Shuttlecock

Produk terbaik pertama hadir dari Gadjah Mada. Bertajuk Gadjah Mada International, shuttlecock satu ini memiliki ketahanan yang baik sehingga mampu digunakan dalam permainan badminton rally panjang. Bulu angsa yang tebal dan kuat semakin menjadikannya tahan saat dipukul keras berulang kali.

Gadjah Mada International Badminton Shuttlecock

Satu slop Gadjah Mada internasional dijual dengan harga pada kisaran 100.000 hingga 150.000 rupiah, yang berisi 12 Shuttlecock berkualitas tinggi. Produk Gadjah Mada juga memiliki beragam pilihan speed number atau kecepatan yang bisa diidentifikasi bersadarkan warnanya. Di Indonesia, Shuttlecock berwarna merah dan hijau merupakan yang umum digunakan.

(https://m.tokopedia.com/hokyaccfashion/Shuttlecock-kok-bulutangkis-badminton-gadjah-mada-gajah-mada)

Yonex Aerosensa 50

Yonex merupakan salah satu brand ternama dan terpercaya dalam dunia perbadmintonan, termasuk juga Shuttlecocknya. Produk Shuttlecock terbaik pertama keluatan Yonex bertajuk Yonex Aerosensa 50 telah wara-wiri digunakan dalam berbagai turnamen baik nasional maupun internasional seperti Thomas-Uber Cup, World Junior Championship, Indonesia Open, serta beberapa kejuaraan internasional lainnya.

Yonex Aerosensa 50

Yonex Aerosensa 50 terbuat dari bulu angsa asli dengan gabus berbahan alami. Perpaduan kedua bahan alami ini menjadikannya memiliki kualitas wahid terutama di Indonesia. Yonex Aerosensa 50 juga hadir dengan beragam pilihan speed number dari 75 hingga 79, sesuai dengan sistem penomoran baru.

Satu slop Yonex Aerosensa 50 berisi 50 Shuttlecock. Sesuai dengan kualitasnya, tak heran jika produk ini dijual dengan harga relatif tinggi, pada kisaran 500.000 hingga 550.000 rupiah. Namun demikian, bagi anda para professional, produk satu ini pasti akan sangat cocok untuk anda gunakan terutama saat latihan untuk mengimbangi kemampuan professional anda.

(https://m.tokopedia.com/novian27/Shuttlecock-yonex-aerosensa-50-original-cock-kok-murah?)

Yonex Aeroclub TR

Produk terbaik kedua dari Yonex memiliki tajuk Yonex Aeroclub TR yang dijual dengan harga sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Yonex Aerosensa 50. Satu slop Yonex Aeroclub TR berisi 12 cock seharga 250.000 hingga 300.000 rupiah. Gabus yang digunakan berbahan composite cork berbulu bebek berkualitas.

Yonex Aeroclub TR

Bulu-bulu ini akan menancap secara sempurna sehingga terjamin tidak mudah lepas dan patah ketika digunakan bermain dengan anak. Anda juga diberikan beragam pilihan speed number mulai dari 76 hingga 79. Proses latihan anak pun semakin menyenangkan dan lebih fokus tanpa terganggu dengan kok yang kerap rusak atau tidak seimbang saat di udara.

(https://www.tokopedia.com/storemarket5/Shuttlecock-yonex-aeroclub-tr)

Li-Ning SG-Gold

Jika anda bukan penggemar berat Yonex, maka brand Li-Ning bisa menjadi salah satu pilihan. Shuttlecock terbaik Li-Ning beetajuk Li-Ning SG-Gold dibuat dengan bulu bebek asli. Material gabus yang digunakan juga berbahan composite cork sehingga awet dan tahan ketika dipukul raket.

Li-Ning SG-Gold

Sejumlah 12 buah kok Li-Ning SG-Gold dijual dengan harga pada kisaran 250.000 hingga 300.000 rupiah. Shuttlecock satu ini memiliki kecepatan standar 76 yang cocok untuk anda para pemula. Jika anda tinggal di lingkungan beriklim tropis dan cenderung banyak angin, produk satu ini akan bisa dengan sangat baik menyesuaikan dengan kondisi lingkungan.

(https://shopee.co.id/Kok-Shuttlecocks-Lining-SG-GOLD-SG-GOLD-i.7101230.642745012)

Yonex League 5

Diantara brand lainnya, Yonex memang selalu berinovasi sehingga mampu menghadirkan beragam produk terbaik. Shuttlecock selanjutnya hadir kembali dari Yonex dengan tajuk Yonex Leaugue 5. Produk kali ini memiliki kemampuan mampu bergerak stabil di udara berkat bulu angsa yang digunakan.

Yonex League 5

Kecepatan gerak Yonex League 5 cukup lambat sehingga sangat stabil ketika bergerak di udara. Bulu-bulu angsa yang digunakan juga tidak mudah rontoh dan patah. Anda pun bisa merasakan sensasi menggunakan kok premium namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Satu slop Yonex League 5 dibandrol dengan harga pada kisaran 100.000 hingga 150.000 rupiah. Dengan harga yang terjangkau ini, anda bisa memiliki 12 buah Shuttlecock yang pastinya akan tahan lama.

(https://m.tokopedia.com/reselstore/Shuttlecock-yonex-league-5-kok-yonex-league-5-100-original-yonex?)

Adidas Flieger TS3 Medium Speed Nylon

Tak mau kalah dengan merk perlengkapan olahraga lainnya, Adidas hadir dengan Nylon Shuttlecock TS3 Fliegernya. Produk satu ini memiliki kecepatan medium yang sangat konsisten berkat penggunaan bahan nilon yang terpilih. Harganya pun cukup terjangkau, hanya pada kisaran 90.000 hingga 110.000 rupiah.

Adidas Flieger TS3 Medium Speed Nylon

Bahan nilon terpilih dibuat sedemikian rupa sehingga benar-benar menyerupai bulu angsa berkualitas serta kuat. Untuk kepala gabusnya, Adidas Flieger TS3 menggunakan bahan gabus alami. Tak heran, produk ini diklaim memiliki keetahanan lebih kuat dibandingkan dengan produk shuttlecock sintetis lainnya.

Anda pun bisa menggunakannya dalam permainan rally panjang atau untuk latihan bersama anak. Satu slop Adidas Flieger TS3 berisi 6 buah shuttlecock sehingga anda tetap memiliki banyak cadangan ketika sewaktu-waktu membutuhkan pergantian.

(https://m.tokopedia.com/sportallica/adidas-flieger-ts3-medium-speed-nylon-Shuttlecock-cock-plastik-isi-6?)

JP Gold Shuttlecock

JP Gold Shuttlecock menggunakan bahan bulu angsa yang tidak mudah patah berkat gagang tengahnya yang tebal dan kuat. Bulu angsanya yang ringan membuatnya mampu bergerak stabil di udara.

JP Gold Shuttlecock

JP Gold memiliki speed number 78 sehingga cocok digunakan di dalam stadium dengan air conditioner. Speed numbernya yang tergolong fast ini juga akan mampu mengimbangi kemampuan professional anak anda saat tengah berlatih. Satu slop JP Gold Shuttlecock berisi 12 buah yang dibandrol dengan harga pada kisaran 60.000 hingga 80.000 rupiah saja. Sangat terjangkau bukan?

(https://m.tokopedia.com/dvd-bioskop/kok-jp-gold-jaya-pro-gold-original-shuttle-cock?)

Victor Master No. 3

Produk terbaik selanjutnya hadir dari Victor dengan seri Victor Master No.3 yang diklaim mampu memanjakan para pemain professional ketika sesi latihan. Victor merupakan salah satu brand yang mampu menghadirkan produk Shuttlecock terbaik dunia dengan bulu angsa terbaik pilihannya. Tak heran harga produknya pun dibandrol pada kisaran cukup tinggi.

Victor Master No. 3

Victor Master No.3 memiliki harga pada kisaran 450.000 hingga 500.000 rupiah, dengan 12 Shuttlecock didalamnya. Material bulu angsa yang digunakan dipadukan dengan bahan gabus composite cork yang semakin membuatnya menjadi salah satu produk terbaik. Victor Master No.3 juga telah mendapatkan sertifikasi dari MWF.

Victor Master No.3 juga tergolong dalam kecepatan medium fast (speed number 77) sehingga sangat stabil ketika melayang di udara setelah dipukul. Untuk standar turnamen internasional, produk satu ini sangatlah pas dan kompatibel untuk mengimbangi kemampuan para pemain professional.

(https://www.lazada.co.id/products/Shuttlecock-badminton-victor-master-no-3-original-100-i1191068514.html)

Victor Gold

Produk Victor lainnya juga hadir dengan speed number yang sama, yaitu 77. Victor Gold menggunakan material bulu bebek yang juga tak kalah berkualitas. Material ini membuatnya memiliki harga sedikit lebih terjangkau dibandingkan dengan produk Victor sebelumnya.

Victor Gold

Satu slop Victor Gold berisi 12 buah Shuttlecock yang sangat cocok digunakan di Indonesia yang memiliki suhu rata-rata 27 derajat Celcius. Material gabus composite cork yang digunakan juga menambah kekuatan dan kenyamanannya ketika dipukul. Selain untuk latihan, produk seharga 240.000 hingga 290.000 rupiah ini juga sangat cocok digunakan pada turnamen antarsekolah.

(https://shopee.co.id/Kok-Shuttlecocks-Victor-Gold-i.7101230.642759944)

Yonex Mavis 350

Produk terbaik terakhir kembali hadir dari Yonex bertajuk Yonex Mavis 350. Produk ini diklaim memiliki kualitas superior berkat bahan nilon yang digunakan. Bahan nilon pilihan yang digunakan membuatnya lebih kuat ketika dipukul berulang kali.

Yonex Mavis 350 menawarkan beragam speed number yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunaannya. Speed number ini bisa diidentifikasi melalui warnanya, meliputi warna hijau untuk speed number 76, warna biru untuk speed number 77, dan warna merah untuk speed number 78. Shuttlecock ini juga biasa digunakan oleh para pelatih untuk membangun stamina bermain dalam rally panjang serta melatih otot para pemain.

Yonex Mavis 350

Satu slop Yonex Mavis 350 berisi 6 buah Shuttlecock yang dijual dengan harga pada kisaran 250.000 hingga 300.000 rupiah. Tak heran, produk ini menjadi salah satu pilihan terfavorit untuk digunakan dalam sesi latihan.

(https://m.tokopedia.com/franslike/yonex-mavis-mid-350-isi-6-6-Shuttlecock-nylon-cock-kok-badminton?whid=0)

Tips memilih dan mendapatkan Shuttlecock Badminton terbaik

Pilih berdasarkan jenis material bulu yang digunakan

Secara umum, terdapat dua jenis bahan utama yang digunakan untuk membuat shuttlecock, yaitu bahan alami dan bahan sintetis. Bahan alami umumnya menggunakan bulu angsa asli yang diolah serta disusun sedemikian rupa melingkari bagian gabus. Batang bagian tengah bulu angsa juga sangat solid sehingga menjadikannya lebih kuat dan tahan lama.

Shuttlecock Badminton Terbaik

Sedangkan, bulu sintetis terbuat dari nilon yang dibentuk menyerupai bulu angsa, dan disusun melingkar. Shuttlecock dengan bahan sintetis juga tak kalah awetnya dengan bulu angsa. Selain awet, harganya juga relatif bahkan jauh lebih murah dibandingkan dengan Shuttlecock bulu angsa, sehingga lebih banyak diminati terutama bagi para pemula atau para pemain bukan professional.

Berdasarkan harganya, Shuttlecock berbulu angsa memang memiliki harga yang jauh lebih tinggi karena ditujukan untuk para professional dan digunakan dalam pertandingan resmi. Namun demikian, bagi para pemula, shuttlecock berbahan bulu bebek juga tersedia dengan harga lebih terjangkau. Kok dengan campuran bahan kedua bulu unggas tersebut juga tersedia sehingga lebih banyak pilihan.

Perhatikan material gabus yang digunakan 

Pemilihan jenis material gabus juga berpengaruh terhadap ketahanan dan keawetan Shuttlecock. Bagian pangkal atau bagian pemberat inilah yang pasti akan lebih sering dipukul dan bersentuhan langsung dengan raket. Oleh sebab itu, harus dibuat dengan bahan yang kuat serta cukup empuk agar bulu-bulu angsa tertancap secara sempurna.

Terdapat dua jenis gabus yang biasa digunakan, meliputi gabus alami dan gabus sintetis. Selain kuat dan tahan lama, gabus alami mampu memberikan sensasi pukulan dan pantulan secara maksimal sehingga kok mampu melambung tinggi dan bergerak cepat sesuai metode pukulan pemain. Untuk para pemula dengan budget terbatas, bahan gabus sintetis juga tidak kalah berkualitas.

Terdapat pula Shuttlecock yang menggunakan campuran kedua bahan gabus tersebut. Gabus jenis ini biasa disebut dengan compressed cork. Anda dapat mengenali jenis bahan compressed cork ini dengan memperhatikan bagian permukaannya yang kasar, lebih kasar dibandingkan dengan gabus alami dan gabus sintetis.

Cek dan pertimbangkan speed numbernya

Selain bahan, speed number juga merupakan salah satu kriteria yang sangat perlu untuk dipertimbangkan. Sayangnya, banyak orang, terutama para pemula atau para penggemar badminton yang hanya untuk kebugaran saja, tidak terlalu memperhatikan kriteria satu ini.

Speed number menunjukkan berat dari shuttlecock, yang akan berpengaruh terhadap jarak serta laju terbangnya sesaat setelah dipukul. Beberapa pilihan speed number diberikan mulai dari very slow hingga very fast.

Secara konvensional, speed number ditunjukkan dalam angka dari 48 hingga 52 sesuai bobotnya (4,8 gram hingga 5,2 gram). Namun kini, ada pula yang ditunjukkan berdasarkan grainsnya, mulai dari angka 75 hingga 79. Beberapa brand atau merk perlengkapan peralatan badminton seperti Yonex juga memiliki metode penomoran atau kode tersendiri untuk speed number shuttlecock produksinya.

Perhatikan suhu ruangan saat anda bermain, sesuaikan speed number dengan kondisi suhu lingkungan tersebut

Performa Shuttlecock yang ditunjukkan dalam speed number sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan saat bermain, terutama suhunya. Untuk Shuttlecock dengan speed number 48 atau 75, atau beberapa brand memberikan kode dengan angka 1, merupakan jenis Shuttlecock dengan gerakan sangat lambat (very slow) dan cocok digunakan pada kondisi lingkungan bersuhu 33 derajat Celsius atau lebih tinggi.

Shuttlecock Badminton Terbaik

Speed number 49/76/2 merupakan kategori slow yang cocok digunakan pada lingkungan bersuhu 27–33 derajat Celsius. Untuk speed number 50/77/3 (average) dan 51 / 78 / 4 (fast), akan baik digunakan pada lingkungan bersuhu masing-masing 22–28 derajat Celsius dan 17–23 derajat Celsius. Sedangkan, speed number 52 / 79 / 5 (very fast) akan sesuai jika digunakan untuk bermain di lingkungan bersuhu 17 derajat Celsius atau lebih rendah.

Adakah standard atau sertifikasi khusus untuk Shuttlecock Badminton?

Dalam tingkat permainan professional, sertifikasi atau standar minimum Shuttlecock diberikan untuk memastikan kualitasnya baik sehingga tidak mengganggu permainan ketika tengah digunakan. Terdapat 2 standar utama sertifikasi Shuttlecock badminton, yakni sertifikasi dari Badminton World Federation (BWF) dan dari Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Shuttlecock Badminton Terbaik

BWF biasa digunakan sebagai standar untuk pertandingan atau turnamen-turnamen skala internasional. Untuk skala nasional, seperti Indonesia Open, kita biasa menggunakan standar PBSI sebagai acuan.

Apa saja macam shuttlecock badminton yang biasa digunakan?

Secara umum, terdapat 2 macam shuttlecock badminton yang dibedakan berdasarkan bentuk ujung bulunya, yaitu bentuk ujung tumpul dan bentuk ujung lancip. Berikut ulasan lengkapnya.

Shuttlecock dengan ujung lancip

Shuttlecock berujung lancip didesain dengan ujung bulu-bulu yang runcing. Ujung yang runcing ini menjadikannya mampu melaju secara lebih cepat di udara karena tidak terhalang oleh permukaan bulu yang terlalu lebar.

kok dengan bulu runcing adalah yang digunakan dalam turnamen-turnamen professional. Harganya pun relatif lebih tinggi. Selain itu, kok lancip umumnya lebih cepat patah sehingga tidak tahan lama dibandingkan dengan kok berujung tumpul.

Shuttlecock dengan ujung tumpul

Berbeda dengan yang berujung lancip, Shuttlecock berujung tumpul didesain dengan ujung bulu-bulu yang berbentuk seperti setengah lingkaran. Bentuk ini membuatnya memiliki gerakan memutar ketika melayang di udara sesaat setelah dipukul. Untuk harga, kok berujung tumpul biasa memiliki harga relatif lebih murah serta ditujukan untuk para pemula serta untuk latihan-latihan ringan.

Apa saja kaakteristik atau ketentuan dalam memproduksi shuttlecock badminton?

Standar produksi kok juga harus dibuat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan agar mampu memberikan performa terbaik. Satu buah Shuttlecock harus tersusun atas 16 bulu yang digabungkan menjadi satu melingkari gabus. Tiap bulu juga harus memiliki panjang yang sama, yaitu pada kisaran 62 mm dan 70 mm.

Shuttlecock Badminton Terbaik

Selain panjangnya, bagian ujung-ujung bulu juga harus disusun hingga membentuk diameter pada kisaran 58 mm dan 68 mm. Jangan terlalu sempit, jangan pula terlalu lebar. Bagian gabusnya juga harus memenuhi ukuran diameter pada kisaran 25 mm dan 28 mm.

Agar memiliki laju yang sesuai, Shuttlecock juga harus memenuhi standar minimum serta maksimum berat, yang ditunjukkan dengan speed number, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Berat shuttlecock harus berada diantara 4,47 gram hingga 5,50 gram. Penyimpangan nilai dari tiap-tiap standar ukuran tersebut diperbolehkan hingga 10% saja.

Apakah Shuttlecock badminton biasa bisa digunakan untuk bermain diluar ruangan? 

Bermain badminton diluar ruangan kerap kali dilakukan para orang tua saat mengajarkan atau melatih anaknya. Selain tidak mengeluarkan biaya, bermain badminton di lapangan luar juga lebih fleksibel dan bisa dilakukan kapan saja. Namun demikian, tantangan untuk melawan angina yang berhembus sangatlah perlu untuk ditaklukkan.

Shuttlecock Badminton Terbaik

Untungnya, BWF telah memulai memperkenalkan air badminton yang dilakukan di udara luar atau outdoor. Untuk bisa melaksanakannya, shuttlecock jenis baru yang lebih berat pun diciptakan dan distandardisasi.

Shuttlecock untuk outdoor dibuat dengan campuran bahan karet sehingga relatif lebih berat dibandingkan dengan shuttlecock biasa. Hal ini bertujuan agar kok mampu melawan hembusan angin dan tetap mampu bergerak stabil di udara.

Tips menyimpan Shuttlecock agar tetap awet

Pastikan kelembaban lingkungan tempat penyimpanan terjaga

Simpanlah shuttlecock pada tempat dengan kelembaban yang cukup. Jangan menyimpan di tempat yang terlalu panas atau terlalu kering karena akan menjadikan bulu-bulunya menjadi kering dan rapuh. Kelembaban bulu-bulu shuttlecock harus dijaga agar terus bisa nyaman dan tidak mudah patah saat digunakan.

Uapkan jika perlu

Bila kondisi lingkungan dirumah anda tidak mendukung dan terlalu kering, anda bisa mensiasatinya dengan menguapkan kok di atas ketel berisi air panas. Gunakanlah ketel khusus yang tidak digunakan untuk menyeduh minuman. Ketel elektrik akan mampu bekerja dengan sangat baik karena mampu menghasilkan uap secara berkelanjutan.

Letakkanlah shuttlecock dalam slopnya dengan posisi menghadap ke bawah, bagian kepala atau gabus di atas. Selanjutnya, uapkan shuttlecock selama 5 sampai 7 menit saja. Pastikan kelembabannya mencukupi dan tidak terlalu basah.

Letakkan dalam slop atau wadahnya ketika menyimpan

Ketika membeli, usahakan untuk membelinya dalam satu slop agar anda memiliki tempat penyimpanan yang proper. Penyimpanan ini bertujuan agar bulu-bulu shuttlecock tidak tergencet dan tidak kotor. Jangan meletakkan atau menyimpannya di sembarang tempat karena bisa menimbulkan potensi shuttlecock tertekan atau terlindas oleh benda lainnya yang akan mengurangi kualitasnya ketika digunakan.

Shuttlecock Badminton Terbaik

Rapikan bulu-bulunya kembali setelah digunakan sebelum disimpan

Setelah digunakan, bulu-bulu shuttlecock biasanya akan berantakan dan tidak beraturan. Oleh sebab itu, rapikanlah kembali bulu-bulu tersebut seperti semula terutama saat akan menyimpannya. Rapikanlah pula selalu saat akan memulai rally baru, agar geraknya tetap stabil di udara.

Kesimpulan

Terdapat 2 jenis Shuttlecock badminton yang dijual dipasaran, meliputi shuttlecock alami dan shuttlecock sintetis menggunakan bahan nilon. Untuk digunakan dalam pertandingan atau turnamen-turnamen resmi, shuttlecock alami dengan bahan bulu angsa asli sangatlah direkomendasikan untuk digunakan. Namun demikian, bagi para pemula, terdapat pula pilihan bahan sintetis yang tebih murah dan terjangkau.

Shuttlecock dengan bahan bulu bebek pun tersedia bagi anda yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin merasakan sensasi menggunakan shuttlecock berbulu ungags berkualitas. Tiap-tiap brand juga telah melengkapi produk shuttlecocknya dalam beragam pilihan speed number untuk disesuaikan dengan kondisi suhu lingkungan.

Lalu, tunggu apa lagi? Dapatkan shuttlecock badminton terbaik dan berkualitas pilihan anda. Jadikan anak anda seorang pemain badminton professional yang bisa menang dalam berbagai kejuaraan!

Leave a Comment